Rabu, 11 Agustus 2010

Manfaat Susu Kambing

Ternyata manfaat susu kambing tidak kalah dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan vitamin A pada susu kambing lebih tinggi dari pada susu sapi. Begitupun kandungan vitamin B lebih banyak terutama riboflavin, sedangkan susu sapi lebih banyak B6 dan B12. Susu kambing kaya akan mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, klorin dan mangan tetapi rendah garam, sulfur dan zat besi.
Kandungan lemak dan proteinnya mudah dicerna, sedangkan kolesterolnya lebih rendah dibanding susu sapi sehingga cocok untuk konsumsi yang sedang diet.
Kandungan enzimnya terdiri dari ribonuklease, alkaline fosfatase, lipase dan xantin oksidase.
Bagi orang tertentu minum susu sapi bisa alergi karena tidak tahan laktosa atau laktose intolerance, atau  mengalami Cows Milk Alergy (CMA). Alergi pada bayi, sering muncul gejala eksim, diare, gumoh , muntah muntah, kembung dan asma. Sedangkan gejala pada orang dewasa gejala CMA bisa muncul sebagai gangguan kulit seperti gatal gatal, bengkak, bercak bercak merah, masalah pernapasan dan migren. Namun dengan mengkonsumsi susu kambing ternyata tidak menampakan gejala gejala alergi. Alergi ini disebabkan adanya proten pada susu sapi yang sulit dicerna, sedangkan pada susu kambing butiran protein dan lemaknya berukuran kecil dan halus sehingga mudah dicerna oleh enzim pencerna kita.
Kandungan vitamin B yang tinggi berhasiat sebagai pencahar ringan sehingga membantu proses pencernaan, mengurangi stres (depresi), sembelit, susah tidur, dan gangguan emosi akibat salah cerna.
Yang unik lagi susu kambing mudah rusak bila dimasak  atau dipanaskan dengan suhu tinggi. Susu akan menggumpal  sehingga lemaknya terpisah dari susu. Proses pemanasan akan menggupalkan dan mamadatkan kandungan laktobumin yang akan membnetuk lapisan dipermukaan susu sehingga bila dikonsumsi akan memperlambat proses pencernaan. Selain itu pemansan akan merusak kendungan vitamin C yang ada dalam susu kambing. Agar susu kambing aman dikonsumsi maka dianjurkan dalam proses pemerahan lebih diperhatikan  kebersihan peralatan dan lain lainya  untuk menghasilkan susu yang bersih dan steril. Dan perlu diingat bahwa kambing yang baik untuk dibudidayakan dan  diperah susunya  adalah kambing jenis Etawa atau dikenal dengan PE ( kambing perah Etawa)

1 komentar:

  1. assalamualaikum wr wb.pak apakh ada epek samping pada org yg kansumsi susu kambing yg memiliki pengnyakit iper tengsi,sesak napas,ginjal,HB RENDAH N BERAPA HARI TAHANNYA MOHON JAWABANYA PAK KE IMEL SAYA.soleha14@gmail.com.makasi atas jawabannya pak.wasalam

    BalasHapus